Minggu, 29 April 2007

Visit Indonesia?.....Pikir-pikir Dulu Deh



Indonesia? Bagus sih...Tapi.....

Baru aja baca tulisan terbaru [mbak] Mona di blognya. Jadi pengen posting juga ah…

Singkat cerita, [mbak] Mona baru nulis tentang artikel di BusinessWeek tentang Asia's Amazing Tourist Destinations, dan…dari daftar itu ga ada satu pun daerah wisata dari Indonesia. Masya sih, Mon? Ga ada Bali?

Kalo gitu sih kemungkinannya cuma dua :

1. yang bikin daftarnya sentimen sama Indonesia

2. yang bikin daftarnya ga pernah jalan-jalan ke Indonesia, minimal Bali lah…


Sejak dua tahun yang lalu pindah ke Bali, aku ga pernah berenti terkagum-kagum sama pulau ini. Menurut aku, wajar kalo Bali jadi objek wisata utama di negara kita. Malah katanya 90% devisa Indonesia didapetnya dari Bali. Haia…kasiyan amat. Padahal dibandingkan dengan luas keseluruhan Indonesia, Bali itu sangat kecil loh. Luasnya cuma 5,632.86 km² dengan populasi 3,150,000 . Trus, kenapa banyak banget orang yang jatuh cinta sama si kecil ini?

Kalau dari pengalaman dan pengamatan pribadi, bisa aku bilang Bali punya hampir semua kriteria yang dibutuhkan oleh suatu daerah wisata. Kalau sekedar masalah indah-indahan dan kekayaan tradisi sih hampir seluruh tempat di Indonesia juga punya. Tapi menurut aku, yang paling penting, Bali itu sangat aman. Oke memang pernah kena terror bom sampai 2x *dan smoga ga kejadian lagi, amiiin*, tapi kalau aku jalan kaki sambil nenteng kamera di Bali, aku ga usah ngerasa was-was takut bakal ada jambret yang nyolong kameraku. Masyarakat Bali juga dikenal sangat sopan dan ramah. Biarpun aku pakai jilbab, ga pernah tuh diperlakukan dengan nyebelin.

Bandingin sama waktu aku + Akang M'pri jalan-jalan ke Palembang. Menurut aku, Palembang pantas banget dipromosiin jadi salah satu objek wisata utama di Indonesia. Peninggalan arsitekturnya luar biasa! Banyak yang bisa dilihat di kota ini, Jembatan Ampera, Museum Badaruddin, Benteng Kuto Besar, kampung-kampung tua, dan lainnya. Kombinasi kebudayaan melayu plus cina ngehasilin warna baru yang asik banget. Kalau kamu suka moto, jalan-jalan deh ke Palembang. Bisa kalap! Makanannya juga enak-enak! Pokonya, top deh!

Tapiiiiiiiiiii……se-top-topnya Palembang, siapa juga yang mau dateng kesana kalo lagi asik moto-moto tiba-tiba kameranya dijambret. Atau lagi jalan-jalan taunya kita dipalak preman. Pas kita jalan-jalan keliling palembang, kita harus bawa 3 bodyguard wong asli palembang biar ngerasa aman. Untuuuung aja ada sodara disana…

Aku juga dari duluuu pengen jalan-jalan ke Sulawesi. Pengen makan es palubutung asli sono. Pengen ke Toraja. Pengen jalan-jalan ke benteng-benteng Belanda yang katanya cantik-cantik. Pengen diving di Bunaken. Pengen ngeliat anoa. Pengen pusing-pusing kesana deh pokonya! Tapi siapa yang ga males coba kalo ngelihat di TV, mahasiswa di Makassar demo sampe rusuh *helloooo mahasiswa looo*, atau, siswi dimutilasi di Poso *ouch*, dan berita-berita serem lainnya. Mending aku weekend-an di mall aja kaliii…

Menurut aku memang sayang kalau daerah-daerah di Indonesia ga dioptimalkan sebagai daerah wisata. Indonesia itu terlalu kaya dan terlalu indah untuk ga dikunjungi. Alam Sumatra Barat itu betul-betul rancak. Di pulau Jawa, di setiap kabupatennya punya jenis soto yang beda-beda. Belanja di Tegalalang, Bali, cuma dengan uang pas-pasan pasti kita udah bisa dapet barang bagus. Tapi, bikin ilfil ga sih kalo kita udah cape-cape dateng terus ternyata masyarakatnya kampungan *note:kampungan ga sama dengan orang kampung ya*…atau lagi di tengah jalan mau pipis dan nyari WC umum susah, dan begitu nemu……meneketehen baunye! Dan banyak lagi deh faktor-faktor X yang membuat turis-turis Males *dengan kapital M* berwisata ke Indonesia. Sayang ya…

Walaupun begitu, buat aku sih tetep aja rencana liburan depan pasti pengennya jalan-jalan ke salah satu lokasi di Indonesia. Murah meriah dan bebas fiscal tentunya... *Oooooy Pak Presiden, fiskal= pembodohan dan pengkuperan bangsa okay?*

Ada teman yang hampir setiap tahun selalu traveling ke luar negeri. Dia sering merekomendasi ke aku tempat-tempat canggih yang pernah dikunjunginya.

“Lu jalan-jalan ke Jepang deh, paling 15 juta juga dapet buat 2 minggu.”

Aku dengan tenang *sambil gondok dan ngomong dalam hati ‘mahal gila’* jawab,

“Kalo aku ma akang mpri sih pengennya hunting sunrise dan naik kuda di Bromo, sambil mampir ke Malang cari apel malang yang seger-seger, terus makan kupang di Sidoarjo, lewat Kudus dan Rembang untuk ngelihat Masjid tuanya, dilanjutin hunting barang antik ke Pasar Triwindu, di Solo, sambil cari selat solo yang uenak, abis itu ke Jogja hunting foto seharian atau duaharian, terakhir ke Cirebon, ekskursi arsitektur sambil cari batik megamendung yang dari dulu udah bikin aku ngiler.”

Asik kan rencana liburan kita? ;)


Ps. [mbak] sebelum nama Mona dikurungin karena dia sebenernya 3 tahun lebih muda dari aku, tapi posisi di keluarga ngewajibin aku manggil dia 'mbak'. Huh! ;P



3 komentar:

  1. Komentar aaaahhh...
    #1
    Udah lama gak ke bali,kami mau ke bali loh, rencananya agustus...
    Tour guide okeh!!
    #2
    Iya, stuju banget, di Indonesia banyak banget objek wisata yg bagus bgt... Banyak bgt tempat yg pengen aku kunjungin..bunaken, palembang, aceh, kaltim (pnasaran ama jembatannya =p), sulawesi,banyak deh pokoknya...
    #3
    [mbak]? hahahaha...yg sabar ya [dek] emang nasib dari nasab yg emang posisinya gitu..hayah..apa sih..
    Hehehe..

    BalasHapus
  2. aku mau juga ke sulawesi nih....
    padahal ada sudara di makasar tp belum pernah ke sana...
    trus pengen ke banda neira...
    btw gimana rasanya jadi fotografer profesional..?:)

    BalasHapus
  3. jadi kapan kita kemana?

    BalasHapus