Selasa, 24 April 2007

Kemana?....Kemukus

Apaan sih kemukus? Aku juga mo nanya..

Ceritanya gini. Waktu itu aku + Akang M'pri belanja mingguan ke Tiara Grosir, Bali. Lagi lihat-lihat bawang, tiba-tiba ada ibu-ibu yang manggil,
“dek, dek…sini bentar deh..”

trus dia nunjukkin daftar belanjaannya.


“Tau ga kemukus itu apa? Saya dititipin orang nih..”

‘Kemukus? Ga tau tuh, Bu…’


“Yaaah ga tau ya…saya kirain kalau orang Jawa tau…”

Eiiits…ibu sok tau banget deh. Emang saya pernah cerita-cerita kalau saya orang jawa? Ya emang sih saya orang Jawa, tapi kan rhesus saya negatif, berarti ada indo-indo dikit doong..hehehe *ga penting*

Dari belakang tiba-tiba Akang M'pri nongol, “Apaan sih kemukus?”

‘Mana aku tau, bukannya situ yang lebih ngerti soal taneman…’( by the way, emang kemukus itu taneman? Hihihi)

Anyway, akhirnya kita melanjutkan perjalanan. Baru pindah satu koridor ke koridor bumbu-bumbu instan, tiba-tiba aku dicegat lagi. Sekarang di depanku ada anak kecil berkacamata dengan tali kacamata di leher
nya. Persis kaya anaknya Renee Zellweger di film Jerry Maguire.

“Tante, pertanyaan Mama saya tadi udah dijawab belum?”

Ini apaan sih? Jangan-jangan kuis ‘Kennna deh…’
Tapi kayanya engga deh, si tante yang tadi sama anak ini kan ga pake wig :D.

Setelah hang beberapa detik…

‘Wah Tante ga tau jawabannya apa…’

“oooh ya udah…*nyengir*”

Tiba-tiba dari belakang Akang M'pri nongol lagi, “kenapa? Anak ilang ya?”

Dengan santai aku jawab, ‘kemukus…’

“Oooo…”

Jadi, apaan sih kemukus? Sampe pertanyaan itu masih misteri. Kayanya sih cuma masalah beda istilah aja. Kaya ‘kemang’ di bogor,di bali terkenalnya dengan sebutan ‘wani’. Atau ‘kecombrang’ yang disini disebutnya ‘bongkot’.

Jadi kemukus apaan???? I’m dying in curiousity nih! Kasih tau aku ya kalo ada yang tau…:)



5 komentar:

  1. nyokap gua tahu tuh.. itu kl ga salah bahan makanan Jawa deh.. yang orang jawa pasti tahu.. cuma gua lupa benda apa itu..

    Hahahaha.. nyasarnya jauh amat!! mau ke Jimbaran aja pake ke karangasem dulu..

    Kalo sempet main ke pantai Balangan juga.. mirip2 Padang2, tapi lebih sepi lagi.. dasar lautnya kelihatan.. keren..

    Kangen banget sama Bali..

    -bugs!-

    BalasHapus
  2. gunung kemukus yang ini agak ngeri

    BalasHapus
  3. bagus: setelah googling ternyata menurut wikipedia kemukus adalah sejenis merica berbuntut. sayangnya ga ada fotonya,jadi tetep aja ga kebayang merica pake buntut tuh bentukya kaya apa ya....

    kapan doong nostalgia ke bali?pengen ketemu pandu...pandu pasti udah gede...masih inget tante ikeow ga ya? hehehe

    akang mpri: gile, si ibu itu aga nyasar juga ya, nyari gunung kok di tiara...hehehe

    BalasHapus
  4. plis deh... orang itu salah banget nanya kemukus kepada atika... atika gitu lhoh.. ditanya kemukus...
    bawang putih aja mungkin dia ga tau...

    BalasHapus