Sabtu, 28 April 2007

Make : Kompos

Tadi malem ibuku yang tercinta sms dari Bandung : “Gimana sih caranya bikin kompos? jengkel nih tempat sampah udah penuh ga diangkut-angkut.”
*RING RIIIIING* bunyi lagi nih alarm peringatan banjir sampah di Bandung. Padahal rumah ibuku ga jauh loh dari Kantor Gubernur Jabar, tapi kok pengangkutan sampahnya bermasalah? Agak gawat berarti kan?

Kalau memang pemerintahnya ga bisa diharapin untuk mengatasi masalah penting ini, memang ga ada jalan lain, kitanya yang harus proaktif. Salah satu cara yang paling gampang dan lagi ngetrend sekarang adalah dengan mengumpulkan sampah organik trus diolah jadi kompos. Kaya yang sekarang kita praktekkin di rumah kita di Bali.

Sejak beberapa bulan yang lalu memang Akang M'pri mulai rajin pilah pilih sampah trus sampah organiknya dikumpulin buat jadi kompos. Sebenernya sih bukan karena peduli-peduli banget ma lingkungan, tapi dia emang seneng aja kali main kotor-kotoran…hihihi. Aku juga seneng karena tempat sampah di rumah jadi lebih bersih dan bebas dari gangguan anjing-anjing budug yang cari-cari sisa makanan.

Ga susah loh membuat kompos, cuma butuh sedikiit energi ekstra pula. Pertama, pisahin sampah kering dan sampah basah. Kalau perlu, siapin dua tempat sampah dengan dua warna genjreng biar ketawan bedanya. Untuk keluarga muda yang anggotanya baru dua orang kaya kita *dan males masak ;P*, malah ga butuh dua tempat sampah. Sebanyak-banyaknya juga cuma kekumpul satu mangkuk bakso. Dikit kan?

Nah, setelah itu tinggal dikumpulin di satu tempat di halaman, jangan di dalem rumah. Ga usah diwadahin juga gapapa. Gali aja lubang kecil di tanah, tah eta runtah alungkeun ka dinya *duh maap sundana keluar*. Kalau perlu, sampah yang ukurannya aga besar *contoh:kulit duren, kulit semangka*, cacah dulu kecil-kecil supaya cepet busuknya. Dan supaya lebih ekspres lagi proses pembusukannya, carilah cacing-cacing tanah yang banyak, mereka bakal jadi karyawan setia yang membantu proses pembusukkan setiap harinya.

Kalau dari pengalaman Akang M'pri, cacing-cacing ini punya musuh besar. Semut! Apalagi kalau sampahnya banyak unsur-unsur yang manis-manis *padahal aku ga buang diri lo kikikkkkk*. Oleh karena itu, mari kita pasang tulisan besar-besar di sekitar tempat kompos: “SEMUT DILARANG MASUK” yang ditulis pake kapur ajaib anti semut merk Bagus. Aman deh.

Kompos ini baunya ga terlalu mengganggu kok. Cuma jangan jiji aja kalo lagi ngaduk-ngaduk komposnya tiba-tiba komposnya bergerak-gerak sendiri dan di dalemnya ada yang uget-uget. Dia adalah bilatung yang ikut ngebantu juga proses pembusukkan. Oia, kalau kamu punya binatang peliharaan, hati-hati kalau kamu mau membuat kompos dengan kotoran binatang kamu. Temenku pernah coba membuat kompos dari pup doggienya, yang ada malah tanemannya jadi mati. Kayanya pup si doggie terlalu panas untuk taneman. Mungkin ada sih cara khusus untuk mengolahnya, tapi googling sendiri aja la ya…:) Cara yang kita pakai ini memang sederhana sekali, dan mungkin bukan cara yang paling optimal untuk mengolah sampah menjadi kompos. Kalau mau tahu step by step lebih komplitnya Akang M'pri juga pernah post di blognya, atau liat disini.

Naaaaah…sekarang gimana usaha kita buat bantu mengurangi jumlah sampah non-organik yang juga ga kalah bejibun. Kalo aku sih berusaha semaksimal mungkin nerapin 3R, refill,recycle,reuse, minimal poin terakhir tuh yang paling gampang. Penerapannya bisa sederhana banget, misalnya, ga usah minta belanjaan dimasukkin ke kantong keresek kalau ga banyak-banyak amat. Kadang-kadang aku bawa dari rumah tas khusus buat belanjaan. Jadi kalo shopping ke Pasar Sukawati, misalnya, ga perlu dikantong kresekin lagi. Semuanya keangkut di satu tas besar. Praktis, ga kececer dan gampang kan? Lagi-lagi bukan karena concern sama masalah lingkungan sih. Tapi rumah kontrakanku yang tipe 36 ga ada gudang yang muat buat nampung kantong keresek banyak-banyak…hehehe

Di Bali sendiri, aku perhatiin udah ada beberapa tempat yang berusaha ngurangin pemakaian kantung plastik. Contohnya di supermarket Tiara Dewata, Denpasar, mereka sekarang memakai kardus bekas untuk menampung belanjaan pelanggannya. Di Bali Budha Caffe di Ubud, mereka mengganti kantung plastik dengan tas blacu yang modelnya lumayan cute juga buat dipakai sehari-hari.

Sekarang yang bikin aku bingung, adalah sampah-sampah yang ga jelas klasifikasinya. Contohnya, bekas pampers bayi, atau bekas guntingan kuku, atau bekas potongan rambut *ini hancurnya lama loh*. Kira-kira sampah tipe ini dibuang kemana ya? Sampai sekarang sih masih aku kumpulin di bagian sampah yang non-organik. Tapi jelas yang ini mah ga bisa di-recycle dong ya…Ngebayanginnya aja males.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar