Jumat, 14 Maret 2008

Aksi Reaksi - 2

Setelah ditelepon oleh Tiara Grosir sebulanan yang lalu, baru minggu ini aku sempat kesana untuk belanja bulanan sekalian membawa 40 kantung plastik untuk ditukar dengan satu tas belanja. Mulanya aku ga yakin rumahku sebegitu penuhnya dengan kantung plastik sampai ada 40 tas plastik bercap Tiara Grosir di rumah...Tapi ternyata ada loh...Lebih malah!

Waktu sampai di Tiara, aku agak kebingungan. Kok ga ada woro-woro sama sekali ya tentang program penukaran plastik ini. Jangan-jangan programnya batal? Ah udahlah, belanja dulu aja, nanti aku tanya ke bagian informasi.

Di kasir, Mbak Kasir memberitahu aku kalau ada suvenir dari Tiara untuk aku yang bisa diambil di bagian informasi. Kebetulan banget, aku emang mau kesana...

Di informasi :

+ Mbak, katanya ada suvenir untuk saya ya?
- O iya, ini ada hadiah payung cantik karena waktu itu Mbak udah mengisi kotak kritik dan saran kami...

Payung cantik? Trus program yang waktu itu gimana?

+ Waktu itu saya dapat telpon dari Tiara, katanya ada program penukaran kantung plastik ya?
- *pause sebentar* Oooo ya ya...*sambil menarik kardus berisi lusinan kantung kain dari bawah meja informasi* Ini bisa ditukar dengan 40 kantung plastik Tiara....
+ *lega* Oke deeeh, saya tukar sekarang ya, kebetulan saya udah bawa nih...

Sambil Mbak Informasi memeriksa kantung plastik yang aku bawa....

+ Ngomong-ngomong udah banyak belum Mbak yang menukar kantung plastiknya?
- Yaaah, ada sih beberapa, lagian kita juga ga mengekspos program ini kok...

Hmmmm??? Aneh....

Jangan-jangan ujung-ujungnya cuma aku dan pegawai Tiara yang menukar kantung plastiknya. Sayang juga ya program sebagus ini ga dipromosikan dengan meriah, padahal aku rasa ini juga strategi marketing yang menarik loh...Mungkin Tiara ngerasa 'sayang' kalau tas kainnya cepat habis diserbu pelanggan yang mau menukar kantung plastiknya. Ga tau juga deh...

Kayanya aku musti ngisi kotak kritik dan saran lagi nih, biar Tiara pusing punya pelanggan bawel kaya aku...hihihi.

Selain nulis langsung ke mereka aku juga mau mengajak kamu-kamu semua yang tinggal di Denpasar dan punya banyak stock kantung plastik bercap Tiara Grosir ukuran M dan L untuk ditukarkan. Lumayan kan itung-itung bersih-bersih rumah trus dapet hadiah tas. Tasnya lumayan lucu, warnanya ijo muda, ukurannya muat banyak tapi bahannya ringan jadi masih bisa dilipat kecil-kecil. Nanti, kalau belanja di mana aja, tas ini bisa dipakai untuk pengganti kantung plastik.

Yang menarik, setelah bebas dari 40 kantung plastik, aku mulai membongkar lagi 'koleksi' plastik-plastik di rumah. Ternyata, aku nemu 40-an kantung plastik Tiara Grosir lagi! Busyet, itu baru yang bercap Tiara Grosir aja, belum dari tempat-tempat lain....Berarti emang selama ini rumahku udah jadi TPS....Pantesan sempit!

Angka ini lumayan mengagetkan karena anggota keluargaku baru dua orang, tapi populasi kantung plastik di rumah udah lebih dari 40 kali lipatnya (...dan masih terus nambah). Nah, tinggal diitung-itung aja berapa banyak kantung plastik yang beredar di Bali, di Indonesia, dan... dunia. Jangan-jangan beberapa tahun ke depan semua permukaan bumi ini udah ga terlihat lagi karena tertutup oleh sampah-sampah plastik. Hiiii....

4 komentar:

  1. Salam kenal!
    Artikelnya lumayan menarik... mampir ke blog aku yah!

    BalasHapus
  2. Wah kew, kalo disini pemakaian bahan plastik, styrofoam udah dihimbau untuk dikurangi. Jadi kalo mau belanja, org2 banyak yang bawa my bag. Ada beberapa swalayan yang malah minta bayaran untuk kantong plastik, ato yang lain malah kasih cap, yang biasanya kalo udah kekumpul di kartunya, bisa diganti jadi diskon senilai sejumlah uang. Gitu..Gak cuma itu, my hashi(my-chopstick), n my cup itu jg lumayan mengurangi penggunaan plastik ato kayu looh..
    Sori, kepanjangan

    BalasHapus
  3. kenapa ya, tas2 ramah lingkungan itu banyak banget yang berwarna hijau..? padahal gak harus warna itu kan ? :p

    -imgar-

    BalasHapus
  4. @alfmalik : mau doong buku gratisnya :)

    @vitra : iya, sekitar 5 tahun yang lalu aku pernah ke jerman, dan waktu itu di supermarket di sana, semua kantung plastik harus dibeli...

    waaah aku jadi ngerasa terbelakang banget deh...

    trus sekarang 5 tahun sesudahnya di indonesia baru mulai program2 itu dan masih setengah-setengah ngejalaninnya...bener2 ketinggalan banget deh...

    kapan ya aku bisa nengok vitra di jepang? jangan pulang dulu ya sampai aku tengok, kalo ga ntar kita ga ada tebengan...hihihi

    btw mba ijul 97 mo diboyong ke jepang juga lo...

    @imgar: tau tuh....padahal kalo dibikin yang warna-warni kan lebih asik ya...bisa dimatchingin ma outfit hari itu...hehehe

    BalasHapus