Selasa, 30 Oktober 2007

Kutunggu Kau di Jalan Burujul


Ini cerita lebaran yang tertunda....Gara-gara blogger yang entah kenapa sulit banget dibuka dengan koneksi internet XL di kampung Mambal ini. Tauk deh yang salah Bloggernya atau XLnya...Yang jelas dua-duanya bikin bete! Tapi, kalo kata Mas Bham, "Lu pindah ke Jakarta aja biar dapet koneksi internet cepet...", huh punten lah Bham....Mendingan internet lemot tapi bebas polusiii.....hehehehe....

Dan akhirnya setelah berjuta-juta kali me-refresh, bisa masuk juga deh ke Blogger...phhuiiiiiih...

Lebaran kemarin, pertama kalinya aku berlebaran di Tasik. Malah, itu mungkin pertama kalinya aku berliburan ke Tasik karena sebelumnya biasanya kota ini cuma jadi tempat transit setiap pulang mudik lebaran dari rumah nenek di Klaten.

Sialnya lebaran kemarin aku ga bisa sholat id karena lagi...ehm ehm...tau deeeh :D. Huaaaaa.....gosipnya kalau yang lebaran pas lagi ga sholat terancam kena jatah beres-beres rumah nenek! Hiks hiiiiikssss....bukannya ga mau ikutan beres-beres, tapi masa udah jauh-jauh ke tasik ga bisa menikmati suasana sholat iednya...(hehe...alasan...padahal mah.......). Sebetulnya kalau aku berlebaran sama keluargaku, sholat ga sholat ya tetep ikut ke lapangan. Tapi, di Tasik ini, katanya keluarga Kangkung biasa sholat Ied di Masjid lingkungan, bukan di lapangan. Dan masjidnya keciiiil sekali, jadi ga ada tempat untuk nongkrong untuk yang ga berkepentingan. Waduuuuuuh....terancam terancam!

Untungnya suamiku baik hati dan berakal panjang, katanya, yuk kita sholat ied ke masjid agung aja. kalau di masjid agung kan tempatnya lapang.......dan aku bisa hunting foto! horeeeeee!! Yuks!

Masjid agung Tasik ternyata ga terlalu jauh dari rumah nenek. Jadi bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Pulang sholat ied, makan, salam-salaman, trus.......kabuuuur......hehehe...Jalan-jalan lagi....Jalan kaki. Soal urusan jalan kaki ini, aku+Kangkung emang biasa jalan kaki di kota-kota yang kami anggap asik untuk berjalan kaki. Karena, dengan berjalan kaki pengalamannya juga berbeda. Semua detail akan lebih kelihatan dibandingkan kalau kita naik kendaraan. Begituuuu....

Setelah berjalan kaki lumayan lama, aku nemu hal lucu loh di kota ini. Ada beberapa jalan di Tasik yang namanya.....nyunda banget! Kangkung pernah cerita, kalau bahasa sunda itu bahasa yang ekspresif banget. Cuma dengan mendengarkan katanya aja, kita bisa membayangkan aktivitas yang didefinisikan oleh kata itu, biarpun kita ga ngerti artinya....Hmmmm....Masa sih? Nama-nama jalan di Tasik yang berhasil aku kumpulin antara lain: jalan burujul, jalan jajaway, gang kalektoran, jalan r. ikik wiradikarta (kalo ini emang nama orang sunda yang sekarang udah langka, ngomong-ngomong, imam sholat ied pagi itu juga namanya pak ikik hihihi), jalan cimulu, atau jalan manglid. Kebayang ga artinya?






Ternyata ga segampang itu untuk menebak-nebak maknanya. Waktu sampai di rumah dan ditanyakan ke Uwa-uwa, semuanya bilang, "Hmmm...apa ya? yah itulah pokonya ...burujul mah mungkin artinya deket-deket brojol kali yah?" Loh? Selain nama-nama jalan itu ada juga nama jalan yang sebenernya 'normal' tapi cara penulisan bikin cengengesan, seperti: jalan setasion atau jalan statsion, dan jalan kantoran (hihihi, mungkin yang tinggal di jalan ini semuanya orang kantoran kali yaa..).Euleuuuuh.....

Sebetulnya mungkin aku ngerasa aneh melihat nama-nama jalan ini karena pertama kalinya ke Tasik. Kalau dipikir-pikir, bukan cuma Tasik yang punya koleksi nama jalan yang aneh-aneh. Aku masih inget di awal semester kuliah, banyak teman yang berasal dari luar Bandung selalu kesulitan setiap mengucapkan 'Ciumbuleuit' :D. Pernah juga waktu pusing-pusing keliling Jakarta bersama teman yang berkewarganegaraan Malaysia, dia bertanya "What is Grogol?". Hohohoho. Waktu aku jawab Grogol adalah nama tempat, komentarnya: What an ugly name! Hahahahaha.....Embeeeeeeer.........

Ga kerasa udah lumayan lama juga kami jalan kaki keliling kota Tasik. Putar-putar kota cari nama jalan yang aneh-aneh ternyata lumayan bikin cape juga. Ayo Kang, kita cari bubur ayam. Kamu kan udah janji mau nraktir bubur ayam tasik yang katanya enak itu. Tapi ternyata bubur ayam Zaenal yang terletak di Gang Kalektoran, jalan Ikik Wiradikarta ini masih tutup.



Hiks hiks...Ya udah, makan rujak tasik aja yang mangkal ga jauh dari situ. Hmmmmm.....ternyata enak banget! Slluuurp.....Kayanya kota ini selain jalannya yang kocak-kocak makanannya pun enak-enak. Sayang karena sedang boboran shiam ( lebaran) jadi masih banyak yang tutup. Yaah....Kayanya memang wajib balik lagi nih ke Tasik, wisata kuliner, wisata arsitektur, sambil terus bertanya-tanya, dari mana sih asal kata 'burujul' itu? :)



ps: ga semua foto-foto bisa di-upload karena koneksi internet yang lambreta bambang! Dasar xllllllllllllll!!!!! hiks....kapan ya internet murah dan cepat masuk Bali?

2 komentar:

  1. mana foto-foto lebarannya?
    eh, maaf lahir batin ya....

    BalasHapus
  2. maaf lahir batin jugaaa..
    foto lebarannya blom diupload gara-gara internet yang lemot :(

    BalasHapus