Sabtu, 09 Februari 2008

Aksi Reaksi

*kring kriiiing*
+Maaf mengganggu, Mbak. Mbak pernah mengisi kartu kritik dan saran untuk Tiara Grosir* ya?
- Iya betul...
+ Saya dari Tiara Grosir, mau memberitahu kalau
saran Mbak sudah kami tampung. Sekarang kami mengadakan program penukaran 40 kantung plastik Tiara Grosir berukuran sedang dan besar untuk ditukarkan dengan satu tas peduli lingkungan...
- O yaaah? Wah makasih banyak loh, Mas! Sebenernya udah beberapa kali saya belanja membawa kantung sendiri...
+ Oh iya, memang ada beberapa karyawan kami yang melaporkan begitu..


Huahahaha...baru deh aku ingat kalau sebelum Mbak kasir menghitung belanjaan, dia selalu meminta kartu pelanggan untuk di-scann. Bener-bener ga kepikiran sama sekali loh sebelumnya. Jadi selama ini aku dicirian toh?

Tapi yang jelas, telefon tadi pagi itu betul-betul bikin aku senang bangeeeet.Langit Bali yang mendung jadi keliatan biru banget deh...*apa sih*. Dan yang paling buat aku senang adalah karena aksi kecilku ternyata berhasil meng-encourage orang lain untuk juga melakukan hal positif. Biarpun apa yang udah lakuin itu hal kecil yang sederhanaaa banget, ga menguras energi, waktu apalagi uang, hampir ga ada apa-apanya deh dibanding apa yang udah dilakuin orang lain.

Kata Lady, Mark Twain pernah bilang begini:

Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you
didn’t do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away
from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover.


Dan ya, dua puluh tahun lagi aku akan menyesal kalau aku ga meluangkan waktu 5 menit untuk mengisi kartu kritik dan saran di Tiara. Atau kalau aku dengan cueknya membuang seluruh kantung plastik bekas yang menumpuk di gudang rumahku. Atau aku ga nekad membawa kantung sendiri setiap berbelanja. Aku senang aku melakukan itu semua.

Terimakasih banyak untuk Tiara Grosir yang ternyata menampung keluh kesah pelanggannya. Don't mind my previous post yak :). Menurut aku, program mereka cukup bagus dibandingkan dengan ehm...ehm..Carrefour, yang alih-alih mengadakan program tukar plastik malah menjual kantung peduli lingkungannya seharga 2000-10000 rupiah. Kok kapitalis amat sih?

Yah mau gimana lagi, kita emang hidup di dunia kapitalis kok. Tapi semoga semua itu baru awal dan akan ada program yang lebih baik di hari-hari mendatang...Amiiin.

Jadi, untuk kamu yang juga pelanggan Tiara Grosir,ayo beres-beres rumah dan tukar 40
kantung plastik ukuran sedang sampai besar-nya. Sayangnya, saking excitednya waktu ditelpon tadi, aku sampai lupa tanggal berapa program ini dimulai. Kalo ga salah sih tanggal 20 Februari. Jadi, masih banyak waktu kan untuk jadi pemulung. Jangan malu untuk kumpulin keresek dari tetangga kiri kanan dan ngais-ngais tempat sampah juga! Ajak teman-teman juga ya...Untuk sementara, tanda peringatan 'pemulung dilarang masuk' di depan banjar bisa dicabut dong :).

*supermarket langgananku di Denpasar

6 komentar:

  1. wah hebat!!!!!
    tumben surat dari pelanggan ditanggapi...

    BalasHapus
  2. gerah kali gara2 setiap aku belanja bawanya tas carrefour hihihi

    BalasHapus
  3. keren keren! gw juga suka bawa kantong sendiri atau kl belanja sedikit langsung masukin tas aja. sering diliatin dgn pandangan aneh, tp bodo amat yak! pokonya mah sebisa mngkn kita ga termasuk yg ikutan mencemari lingkungan. hidup kantong belanjaaa!

    BalasHapus
  4. aneh sekarang ga menyesal kemudian :)

    BalasHapus
  5. iya keren.. postingannya inspiring. dan kayanya yg laen jg bnyk yg terinspirasi. hehe.. ki jadi inget.. nenek ki jaman dulu kl belanja sayur bawa wadah (baskom) sendiri.. atau bawa kantong belanjaan plastik atau anyaman gt. inget ga si.. jaman dl kynya smua ibu2 ke pasar bawa kantong gede sendiri.. pas kresek blum jaman.
    jadi mikir.. orang jaman dulu lebih sustainable.. kita aja skr yg terlalu manja.. gamau repot. hehe

    BalasHapus
  6. iya bener...kalo jaman dulu bisa survive hidup ga pake kantung kresek, kenapa sekarang ga bisa?

    BalasHapus