Kamis, 15 November 2007

Preman Lembut Hati

Hari ini dalam perjalanan pulang ban mobilku pecah! Huaaaa!!! Sebenernya kompleks perumahanku udah ga jauh lagi. Tapi ga mungkin dong maksain menyetir dengan kondisi satu ban depan cacat.

Akhirnya aku cepet-cepet menepi. Kebetulan ga jauh dari situ ada gerombolan geng bermotor sedang nongkrong. Kalau di Bandung atau Jakarta geng bermotor konotasinya negatif kan? Tapi untungnya disini berbeda.

"Bli, bisa minta tolong?"

Langsung tujuh orang cowo-cowo yang sedang nongkrong tadi tanpa banyak basa-basi membantu aku mendongkrak dan mengganti ban.

Alhamdulillah. Beberapa menit kemudian ban serep sudah terpasang dan aku bisa pulang deh. Waktu aku mau memberi sedikit uang karena rasa terimakasih, bli-bli itu malah terkejut dan menolak dengan sopan. Waaah, makasih banyak ya, Bli! Semoga kebaikan kalian dibalas dengan kebaikan yang lebih besar lagi :). Senangnya tinggal di Bali....

Secara umum, memang begitulah attitude orang Bali kebanyakan. Pepatah 'Don't judge a book by its cover' memang berlaku banget disini. Bisa aja badan kekar penuh dengan tattoo, rambut dicat pirang, kulit coklat legam terbakar matahari, telinga kiri kanan penuh dengan anting, tapi kalau soal keramahan dan kesopanan, juara deh! Aku angkat empat jempol untuk mereka. Dengan attitude seperti itu, ga heran kalau Bali menjadi tujuan turis utama di Indonesia. Keamanan di sini relatif terjamin. Bayangin kalau kejadian ban pecah tadi terjadinya di Jakarta. Haiyah, boro-boro berani minta tolong sama cowo-cowo yang berkerumun gitu. Di lampu merah yang ramai aja perampok berani beraksi kok. Sereeem.....

Aku jadi ingat Ester, teman sekantorku dulu. Waktu masih bekerja di Bali dia pernah mengalami kecelakaan lalu lintas. Untuk minta bantuan, Ester menelepon Pak Bagus, supir kantor yang asli Bali. Pak Bagus ini memang bertampang seram dan berkumis tebal. Tapi hatinya baik loh :). Waktu Pak Bagus datang ke lokasi kejadian, salah seorang pengendara mobil berplat 'L' bisik-bisik ke Ester.

"Mbak, ati-ati ya sama orang itu, kayanya orang jahat deh....."

Huahahahahaha....Pak Bagus gitu loh!

Kenalin juga Pak Gempol, bapak kosku dulu. Awalnya aku takut sama Pak Gempol. Berwajah mirip Ari Sihasale dengan kulit lebih gelap, rambutnya ikal dan gondrong, kedua telinganya dipasangi anting tulang, sehari-hari ia lebih banyak bertelanjang dada ( maklum kerja di sawah ) memamerkan badannya yang penuh tattoo sambil membawa celurit atau parang. Mamaaaa....orang macam apa ini?

Suatu hari aku lupa mematikan keran di kamar mandi hingga air meluap selama aku kerja. Besoknya langsung aku ga mau keluar kamar. Takut sama Pak Gempol! Ketakutan yang berlebihan sebenernya, karena Pak Gempol-nya adem ayem aja tuh. Dan setelah beberapa lama, aku akhirnya tau kalau di balik tampang seramnya, Pak Gempol itu ternyata ramah banget. Maaf Pak, bukannya aku su'udzon, tapi kalau di kotaku dulu orang yang bergaya kaya Bapak mah emang preman beneran hehehe.

Eh, tapi yang berwajah preman berhati Teddy Bear ternyata bukan cuma di Bali aja loh. Om Ucok, teman Bapakku , yang orang Batak pun begitu. Dengan badan tinggi besar dan wajah garang kayanya ga ada yang berani deket-deket dengan si Om ini deh. Tapi coba dengar testimonial Om yang punya kebun stroberi ini tentang dirinya sendiri:

"(logat batak) Memang wajah Om seram dan garang, tapi yang Om suka itu adalah bertanam anggrek dan memperhatikan kupu-kupu...."

Memperhatikan kupu-kupu? Oh Om....So sweeeeeeet.....



4 komentar:

  1. kemaren ada cerita serem di kosan pak gempol. Gedubraak suara tabrakan..ada truk muter dari kafe dayuh nabrak motor yang lagi kenceng. Trus anak anak kosan gempol pada kluar, Ada apa apa pak? Tabrakan ya? Iya...banyak darah saya takut ah, mau masuk aja.

    Dan banyak juga pria pria bertampang seram yang kalo lembur malem, aduh aku takut gelap.

    tampang memang bukan patokan yah..

    BalasHapus
  2. wah.. pak gempol apa kabar ya?
    iya.. pertama kali liat pak gempol takut... taunya lucu... hehe...

    kemarin pas nyepi, aku malah disuruh nyalain lampu, nonton tivi.. biar ga bosen katanya... hehe

    BalasHapus
  3. wah pak gempol skrg gmn kabarnya nduk?

    dulu itu pak gempol temen saya waktu SD :D

    BalasHapus
  4. terakhir kali liat pak gempol sih dia masih pake kaos kaki yang beda sebelah warnanya...hihihihi...

    gempol itu juga nama jalan di deket rumah yang jual makanan enak-enak...nama gempol itu emang pasaran yak?

    BalasHapus