Selasa, 24 Maret 2009

Nyepi...At Last!

Akhirnya Nyepi datang lagi.................

Aku termasuk orang yang ga berusaha kabur ke luar kota di hari Nyepi besok, karena buat aku Nyepi itu menyenangkan!

Beberapa hari sebelum Nyepi aku udah asik belanja bahan makanan + cemilan untuk persediaan, minjem DVD kiri-kanan untuk serep kali aja TV nasional ga siaran di Bali, cari-cari koran bekas untuk nambal jendela+lubang angin supaya cahaya lampu ga keluar rumah, trus mulai buat daftar kegiatan yang bisa dilakuin di rumah pada saat Nyepi. Sibuk! Kaya bakal dikurung seumur hidup aja....

Terus pas hari H-nya kita semua diam di rumah. Sebenernya di kompleks perumahanku lumayan bebas jadi kita masih bisa jalan-jalan keluar rumah dan ngobrol dengan tetangga asal ga terlalu berisik. Jadi, ga ada yang nyalain mobil/motornya, ga ada bunyi mesin cuci berputar, atau suara menderu vacum cleaner, mesin pemotong rumput dan sebagainya. Yang ada cuma suara burung, suara sungai, suara kumbang, suara angin.....Untuk hari ini aja, sekali selama setahun, manusia-manusia di Bali mengalah, dan alam menjadi pemenangnya.

Sehari setelah Nyepi, rasanya bumi Bali seperti diciptakan kembali. Pagi-pagi hari setelah Nyepi, 'wajib' hukumnya keluar rumah untuk menikmati hasil menyepi kita selama seharian di hari sebelumnya....Udara terasa lebih bersih, lebih tenang, lebih menyenangkan.....

Aaaaah....I looove Nyepi. Rasanya ga cukup hari Nyepi cuma diadakan sehari dalam setahun. Malah ga cukup Nyepi cuma diadakan di Bali aja. Sebelum tinggal di Bali, aku selalu menganggap tinggal di Bali pada hari Nyepi itu horor.....Padahal, ternyata sepi itu kadang-kadang asik loh!

5 komentar:

  1. pengen bgt ngerasain nyepi di bali.. dinda jg suka matiin tv, radio, lampu.. ga ada suara alat elektronik tnyata bikin otak jd adem ya key.. apalagi kalo tinggal di lingkungan yg msh hijau..:D..

    BalasHapus
  2. Masih penasaran aja, pengen tahu dan ngerasain seperti apa sih ritual nyepi itu.

    Waktu SD sih kata guru memang nyepi maknahnya. Lampu dimatikan, nggak makan (?) dan nggak keluar rumah. Cahaya nggak boleh masuk rumah. Tapi belum pernah dapat gambaran yang benernya seperti apa.

    Di Duri sih sebetulnya ada juga yang ngerayain nyepi tapi ya karena populasinya sangat terbatas dan terpencar jadi nggak terlihat ritualnya.

    Boleh dong cerita lebih banyak soal ini. Thx

    BalasHapus
  3. @dinda : yuuk taun depan nyepi di bali :)

    @om anto: sebenernya setiap daerah/banjar di bali beda2. tapi secara umum sih lampu semua dimatiin. kalo yg ga nyepi boleh nyalain lampu di dalam rumah asal cahayanya ga keluar. di kompleks perumahan kita masih bisa jalan2 keliling kompleks. malah pas malem2 tetangga2 pada keluar rumah, ngegosip sambil gelap2an...hihihi

    BalasHapus
  4. nyepi di rumah pak gempol aja tik. boleh nyalain tivi :)

    BalasHapus
  5. fotonya bagus deh mbak...

    BalasHapus