Rabu, 04 Maret 2009

Kelinci Lucu, Mau?


Tiga bulan terakhir ini setiap mendekati tanggal sepuluh dan belas-belasan aku+M'pri selalu deg-deg-an. Karena setiap tanggal segitu pasti Gula melahirkan! Iya bener sebulan sekali....

Waktu pertama kali Gula melahirkan bener-bener bikin kita shock. Karena beberapa hari sebelumnya kita berdua masih mengira-ngira di antara BeduGula yang mana sih yang cewe dan yang cowo. Malah kita sempet su'udzon kalau penjualnya dulu ngasih kelinci jantan dua-duanya. Abisnya dua-duanya pernah saling 'menaiki' satu sama lain...Kan jadi curigaaa...:D

Singkat cerita sampai sekarang Gula udah melahirkan tiga kali. Kelahiran yang pertama, dari delapan kelinci cuma hidup dua aja ( Londo+Knil - foto di atas). Kelahiran yang kedua ada enam kelinci, dan satu kelinci mati setelah umur satu bulan ( Phanthom - foto di bawah). Dan yang ketiga, delapan kelinci mati semua setelah beberapa hari...Mungkin karena waktu lahir ukurannya terlalu kecil :(.
Jadi, aku sempet ngalamin punya DELAPAN BELAS kelinci ukuran S-M-L-XL di rumah. Repot dan hebohnya? Ga usah ditanya. Setiap bangun pagi dan buka jendela, pemandangannya pup kelinci dimana-mana....Cape deeeeh.

Untungnya kelinci generasi kedua udah berumur satu bulan , banyak yang tertarik untuk mengadopsi. Nih foto-foto mereka , yang di atas namanya Junior, dan yang di bawah dari kiri ke kanan ada Joan Doe, Gonzaletta, Hanom dan Luki Toni. Lucu-lucu ya? Kalau ngeliat kelucuannya sih emang ga tega untuk ngelepas kelinci-kelinci imut ini.....Tapi, kalau udah ngeliat kotorannya.........Silakan deh ambil semuanya! :))

pic by mpri

Biarpun aku+M'pri dengan senang hati membagi-bagi anak-anak kelinci ini, sebelumnya pasti ada wejangan-wejangan yang bakal kita kasih ke para calon ortu angkat ( yang sebelumnya udah diseleksi dulu dong pastinya :D) :

1. Ga boleh dikasih KOL.

Karena banyak banget cerita orang yang baru beli kelinci dan beberapa hari kemudian kelincinya mati. Ternyata eh ternyata setiap hari dikasih makan kol, padahal kol itu ngebikin perut bergas dan kelincinya jadi sakit deh. Kangkung semestinya ga dikasih terlalu banyak. Sekali-sekali aja.

Biarpun makanannya ga terlalu susah didapat, tapi bukan berarti bisa asal ngasih makan. Kata buku-buku dan website di internet, kelinci sebaiknya diberi pelet untuk makanan utama. Jagung atau ubi pun mereka suka dan bagus untuk sumber karbohidrat. Serat juga harus tetap dikasih. Kelinci-kelinciku suka banget makan daun pepaya, daun mengkudu, daun mangga, wortel, sawi, bougenville, rumput, seledri, kacang panjang, kulit semangka dan masih banyaaaaak lagi.

Intinya, makanan yang terlalu kompleks sebaiknya ga dikasih deh, contohnya: nasi dan roti ( ini mah buat orang), daging, ikan atau telur ( masih ada aja yang ga nyadar kalau kelinci itu herbivora). Kalau makanannya bagus, pasti kelincinya bagus juga pertumbuhannya.

2. Jangan lupa dikasih minum

Kata siapa kelinci ga butuh minum. Air tetep dibutuhin. Jangan sampai kehabisan loh....Apalagi kalau mereka makan pelet, bisa keselek kalau ga minum...:).

3. Jangan disimpan di tempat panas, mereka ga tahan terik matahari.

4. Waktu masih kecil sebaiknya disimpan di kandang di tempat yang aman dari jangkauan predator seperti kucing, anjing, atau tikus (!). Tapi jangan 24 jam disimpan di kandang ya. Beberapa jam sehari sebaiknya dilepas juga di halaman supaya mereka ga bosan. Setelah lebih dari tiga bulan, kelinciku lebih montok daripada kucing, jadi ga usah khawatir lagi untuk dilepas di halaman.

5. Kalau di rumah ada anak kecil, sebaiknya diajari cara 'bergaul' dengan kelinci, cara menggendong dan pastikan untuk ga berlaku abusive.

6. Jangan diangkat dengan cara menarik kupingnya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Underline...underline....underline!

7. Jangan dimandikan sebelum cukup besar. Umur 3-4 bulan badan kelinci udah cukup besar dan kuat untuk dimandikan.

8. Mereka bisa dihipnotis loh....Caranya, digendong terlentang dan diposisikan supaya letak kepala lebih rendah daripada badan ( agak mendangak ke bawah). Nah, elus-elus deh sampai anteng. Tapi ini tergantung karakter kelincinya juga. Ada kelinci yang ga suka dipegang dan susah dihipnotis, dan ada kelinci yang akrab banget sama manusia jadi gampang banget dihipnotisnya. Contohnya Londo nih.....

pic by mpri

Kalau tanggal 10 ini Gula beranak lagi, ada yang berminat?









10 komentar:

  1. Waduh senangnya punya 18 keluarga kelinci. Pasti rame, seru dan heboh.

    Ade dan Dhyaksa itu sejak tahun lalu pengen melihara kelinci. Tapi sayangnya di Duri nggak ada (belum pernah ketemu) yang jual kelinci.

    Mungkin perlu ngadopsi keturunannya si Gula kali ya. -:)

    BalasHapus
  2. iya heboh kalau pulang ke rumah di depan pager udah ada yang nyambut, kalau pagi-pagi keluar rumah juga langsung diserbu....kalau pagi-pagi ga keluar2 mereka heboh garuk2 pintu....

    masa di duri ga ada yg jual kelinci? bukannya di sana banyak hutan? :))

    BalasHapus
  3. bagusss kak. senangnya punya peliharaaann.

    aku pengen tapi dikosan euy. ga kebayang ngurusnya gimana.hehehe

    BalasHapus
  4. iya ya emang susah kalau di-kos-an. sementara melihara di facebook dulu aja :D

    BalasHapus
  5. kak ikeow. udah aku add kak ymnya. ntar malem bisa online kah, sekitar jam 9an? berarti di kakak jam 10 yah?


    oya itu kelincinya mengingatkanku sama komik sentaro deh.hihihi lucu banget apalagi yang lagi berdiri deket pot.

    BalasHapus
  6. mauuuuuu... hazza seneng bgt liat kelincinya key.. di bdg bs pelihara kali ya...

    BalasHapus
  7. bisa banget...malah di bandung lebih banyak lagi pilihan jenis kelincinya...

    btw emang dinda mau pindahan ke bdg ya?

    BalasHapus
  8. duh... mau donk punya kelinci... sekarang aq hanya punya 2 kelinci namanya ciko n pusi aq g tau neh yang mana cewe yang mana cowo kata penjualnya si ciko cowo pusi cewe entah bener apa g? ciko lebih kecil dari pada pusi.alhamdulilah kali ini aq berhasil juga ngerawat kelinci biasanya baru aq beli 1 minggu truss mati karena mencret,aq pengen banget pusi n ciko sampai gede n melahirkan ini saat2 yang aq tunggu karena aq kepingin banget ngeliat proses melahirkan kelinci hm... gimana ya... Repot g kaya melahirkannya manusia... Bagi yang mngadopsi kelinci aq siap jadi orang tua asuh

    BalasHapus
  9. kayanya susah deh mas ngelihat proses kelahiran kelinci, biasanya sih tau2 udah brojol aja hihihi...

    semoga kelinci2nya awet yaa...kelinciku si gula udah setahun loh umurnya!

    BalasHapus
  10. Aq mau donk di kasih anaknya gula...km pasti dah ngerti banget ya ngerawat kelinci samapi kelincinya beranak terus...aq mau tanya donk pada usia berapa bulan kelinci mulai hamil??/ tolong di jawab yaaa

    BalasHapus