Rabu, 02 Juli 2008

Kamu atau alat?

Ffffuuii setelah sekian lama ditinggal sama pemiliknya, ternyata masih ada juga yang rajin komentar di blog ini...Jadi terharu....hehehe.

Hari ini aku dapet komentar sekaligus pertanyaan yang bagus banget dari Soedweexs. Mas (atau Mbak? Apakah dirimu Soedweexs? :P) berkomentar di artikel ini. Aku ngerasa perlu untuk ngejawab pertanyaan beliau di satu artikel khusus, karena jawabannya pasti panjaaaaang....

Soedweexs said:

Hiks.... sedih dengar kalo fotografi hobi yang mahal... hiks....
yang bener yang nentuin kulaitas gambarnya tuh orangnya apa kameranya ya?
Klo mo nurut, ya pasti habis duit, jual mobil, jual rumah, jual tanah buat beli lens, asal jangan jual diri! hehehe...
tp temen di Bali Barat, moto Jalak Bali pake camdig biasa cuma ditambah monocular hasilnya... WUIH.....
Nah skrg, the first.. U r Skill or U r Tools???

Ikeow said:

Good point!

Memang kadang-kadang aku menyayangkan banyak penyuka fotografi yang akhinya terjebak di canggih-canggihan alat dan merk. Sampai-sampai ada orang yang bisa berantem cuma karena berdebat mana yang lebih oke, Canon atau Nikon.

Duh duuuh...ga penting deh...Kalau masalah itu mah udah jelaslah Canon lebih oke hahaha...Ga deng ;P. Mau apapun merknya, yang penting fotonya bagus dan minumnya teh botol sosro.

Kalau menurut aku, jelas kemampuan orangnya lebih menentukan. Fotografi itu berarti kejelian menangkap objek, kepekaan akan komposisi dan proporsi, pengetahuan teknis kamera, kecepatan tangan ( dan berlari juga hahaha) dan lain-lain. Jadi lebih banyak faktor penentu di orangnya kan daripada di alat. Alat cuma sebagai pendukung skill aja.

Contohnya, suamiku sampai sekarang "cuma" pakai kamera compact Canon S70 dan fotonya bagus-bagus tuh. Masalahnya, memang ada beberapa foto yang ga bisa diambil dengan baik oleh S70. Bokehnya, misalnya, baru bisa agak kelihatan kalau menggunakan mode "Macro". Menjepret candid dan human interest pun agak susah, kecuali kalau mau dekeeeeet banget sama objeknya. Makanya, ga heran kalau kebanyakan foto-fotonya M'pri adalah foto-foto landscape, arsitektur, dan lain-lain yang memang cocok diambil dengan S70.

Jadi intinya kalau kita bisa mengoptimalkan kemampuan alat yang ada, pasti kita bisa menghasilkan foto bagus :).

Dulu, aku ga pernah kepikiran untuk bisa punya DSLR. Waktu itu harga DSLR belum semiring sekarang. Pertama kali keluar, harga EOS 350D masih US$1000! Berhubung miskin, harga segitu sih ga terjangkau untuk aku dan aku memutuskan untuk beli kamera compact aja yang harganya lebih terjangkau. Tapi ternyata, harga DSLR terus turun dan akhirnya aku punya DSLR deh :).

Aku mutusin untuk beli DSLR karena aku memang suka banget sama fotografi dan aku tau aku ga bakal nyesal keluar uang banyak untuk kamera. Jadi bukan buat sok-sokan bisa pamer nenteng kamera gede kemana-mana. Ribet tau!

Beli alatnya juga bertahap, sebelum punya lensa L, lensa favoritku adalah the best lens for value: Canon f/1.8 yang harganya "cuma" 750rb. Aku sukaaaaa banget lensa itu! Sebelum punya lensa itu pun aku selalu pake lenskit. Yang penting moto, itu prinsipnya. Tambah banyak moto, tambah sering pegang kamera, pasti tambah bagus deh fotonya :).

Jadi, kalau aku boleh kasih saran, pilih kamera terbaik yang paling cocok untuk kantung kamu. Apakah itu DSLR , SLR atau compact. Rawat baik-baik, baca manual booknya baik-baik, pakai sering-sering sampai kamu terbiasa dengan kamera itu dan tau kelemahan + kelebihannya, then everything's gonna be allright.

Satu lagi... foto apaaaaaa aja! Kadang-kadang objek-objek yang menarik ga usah dicari jauh-jauh kok. Sering-sering aja lihat foto-foto orang lain yang bagus-bagus. Aku paling suka buka flickr dan lihat-lihat "the best random photo for the last 7 days". Inspiring banget!

Juga, jangan terburu-terburu ngehapus foto yang menurut kamu ga bagus atau ga sempurna. Suatu saat, pasti berguna deh. Ini pengalaman pribadi loh...:)

Last but not least, thanks for visiting my blog. Be back!








4 komentar:

  1. orang nya dong yang menentukan. kalau alatnya canggih tapi orangnya gaptek..tetep aja gak bisa optimal.. :D

    BalasHapus
  2. yang menentukan itu dewan juri yang terhormat, kepuusannya tidak dapat diganggu gugat. fb

    BalasHapus
  3. mbak... panggilnya mas aja... coz meskipun namanya dwi, tp asli 100% COWOK! siang n malam...
    wah... makasih kasih balasan coment aku,aku begginer dalam dunia fotografi mbak, makanya aku banyak belajar..
    sekarang ditempatin di bali wah.. tambah gatal nih tangan buat jepret sani jepret sini. apalagi kalo pas DL ke luar bali... wah... asik..

    kalo mo add, add aja di adextiyan@yahoo.com, YM nya jg sama, disitu ada juga mbak kuntarini yang jago n berpengalaman dalam fotografi jadi kita bisa sharing.. apalagi kit sama-sama di bali kan.. hehehe...
    di milanistiind@multiply.com jga bisa ato milanistiind@youtube.com

    ditunggu balesannya...
    hehehe....

    BalasHapus