Selasa, 26 Juni 2007

Jangan Beli DSLR!


Yup, jangan pernah beli kamera DSLR kalau kamu belum mempertimbangkan resiko-resikonya. Emang resikonya apa aja? Salah satunya seperti yang aku alami kemarin: Kerampokan rekening bank! Rampoknya siapa? Hehehe...akyuu..:)

Karena, buat yang belum tau, fotografi itu hobi yang muahal dan nyandu, so you better be prepare, Guys. Sekali terjebak, terjebaklah selamanya. Sekali beli DSLR dan daftar fotografer.net, kamu ga bakal bisa berhenti. Baca aja satu review lensa, trus kamu bakal mikir, "waaaawwww, this lens is a lot more better than my lenskit!" Sampai akhirnya kamu kebayang-bayang, "kapan ya aku bisa beli lensa ini?" Dan sebelum kamu sadar tiba-tiba kaki sudah melangkah ke ATM terdekat, saldo berkurang dan....voila, lensa baru ada di tangan. Siklus ini bakal terus berulang...berulang...dan berulang....

*sigh* Tapi ya sudahlah, yang sudah tertransfer ga bisa ditransfer balik bukan? Lagian banyak orang buang-buang sejumlah nominal yang sama untuk beli barang-barang yang lebih ga penting *pembenaran*. Lagian dikit-dikit hobiku ini kan juga udah mulai menghasilkan duwit *pembenaran lagi*. Lagian rasa peurih karena tabungan ludes terbayar sudah begitu melihat kiriman paket hari ini. My first Canon L Lens!!! Pitpitpitiiiiiiiwwwww!!!!!Yang ini bener banget!

Awal cerita memutuskan beli lensa ini karena takjub ngeliat hasil foto Bossku, oh tunggu, itu pengaruh orang atau lensa ya? Kekekekkkkk....Dan sempet dilema juga, untuk milih yang mana antara, beli laptop, beli lensa, atau beli flash? Setelah akhirnya diputuskan untuk beli lensa, masih dilema juga antara beli lensa 10-22 (wide lens), 17-40 (pengganti lenskit) atau 70-200 ( moncong lens). Secara logika dan keperluan mustinya aku beli 10-22, tapi secara emosional dan nafsu manusia akhirnya aku memutuskan untuk beli lensa ini, si Canon 70-200 f4 L ( punya Bossku ada Image Stabilizernya, tapi harganya dua kalinya bow).

Aku juga ga nyangka bakal beli secepat ini. Dari cuma sekedar googling dan baca reviewnya tiba-tiba nyasar ke forum bursa FN, dan hey...ada yang jual dengan harga lumayan miring. Sebetulnya gambling banget karena sang lensa bersemayam di Jakarta. Pertama, aku ga bisa ngeliat langsung wujud aslinya, kedua, jelas pengiriman Jakarta-Bali lumayan bikin deg-degan. Setelah pikir-pikir dan mengancam, "Pak, kalau barangnya engga mint, bebas fogging, bebas jamur dsb dsb, Bapak saya tuntut loh!", akhirnya deal juga...Sambil tetep deg-deg-an pastinya.


Makanya, setelah harap-harap cemas dari tadi pagi, begitu ngelihat tim FedEx parkir di depan gerbang kantor, wuuuuzzzz..langsung deh aku lari. Sampai rumah, tanpa mikir apa-apa lagi aku bongkar paketnya. Wowww, betul-betul dibungkus dengan baik deh, styrofoam, bubble wrap dan lain-lain. Dengan menahan nafas aku sobek layer plastik yang terakhir dan aku buka dusnya. Hmmmmpppphhhh................


Satu kata aja: M-I-N-T. My new baby!!!! Terimakasih banyak Pak H. Salim untuk pelayanan dan kondisi lensanya yang...yang...yang...more than words can say deh...I love it!

Sekarang aku musti berhemat-hemat lagi + kerja keras untuk mengisi lagi pundi-pundi bank-ku. Buat apa? Buat beli lensa lagi kali ya...hehehe *nabung buat beli rumah+naik haji woyyy!!*.

Buat kamu yang pemula seperti aku dan sedang ada niat/rencana/keinginan untuk beli DSLR, aku kasih tau ya, hasil foto dan pengalaman menjepret dengan kamera DSLR jauh jauh jauh lebih memuaskan dibandingkan dengan camera compact. Jadi kalau kamu memang suka moto dan punya budget untuk itu, silakan alokasikan dana untuk kamera ini. Tapi inget hal-hal di bawah ini:

1. Pertama kamu juga harus punya budget untuk beli compact flash, karena ga seperti camera compact, DSLR ga dilengkapi dengan memory cards. Saran aku, beli yang minimal kapasitasnya 1 GB. Ga asik kan lagi ada momen bagus tiba-tiba CF-nya full.

2. Pendapat pribadi aku: beli body only! Terus cari lensa yang bagus. Dulu aku beli sekaligus lens kitnya, tapi terus jadi agak nyesel. Setelah itu aku beli lensa Canon 50 f/1.8 yang harganya cuma 750rb, dan akhirnya lensa ini yang lebih sering nempel di body 350d-ku. Seharusnya aku lebih sering pake lenskit karena profesiku arsitek, tapi ujung-ujungnya aku lebih suka moto human interest/detail/still life tapi hasil fotonya tajam daripada moto arsitektur/landscape daripada kurang memuaskan. Tapi kalau kamu ga punya budget ekstra untuk beli lensa standar yang bagus,lenskit juga lumayan kok.

3. Jangan lupa juga budget untuk tas kamera. Mau dibawa pake apa hayo kameranya? Kan sayang udah dibeli mahal-mahal terus baret-baret karena dibawa di tas yang ga proper. Aku lagi pengen banget punya tas ini, camera bag with style, not that bulky ugly look.



4. Dry box butuh juga loh! Mau ngeluarin dana tambahan untuk servis dan ngebersihin jamur?

5. Siap-siap juga budget untuk beli hardisk berkapasitas besar dan DVD writer. Kualitas foto dengan format RAW jauh lebih bagus dibandingkan JPEG. Jauh lebih makan tempat juga pastinya.

6. Cari fotografer buddies! Lumayan kan buat saling tukeran lensa hehehe...

7. Siapin budget buat jalan-jalan juga! Masa udah punya DSLR cuma keliling sekitar kompleks. Aku sejak punya DSLR jadi lebih semangat untuk travelling.

Yeaaa yeaaa...udah dibilangin kan berhobi fotografi itu ngabisin duit? Gapapa. Yang penting moto!

Rencana hunting kita selanjutnya kemana, Kang? Bromo ya? Tapi sebelum yang jauh-jauh besok kita hunting Galungan dulu ya sambil tes lensa baru! Asiiiiik....

Selamat moto semuanya!


28 komentar:

  1. hihi.. kebeli juga lensa L nya... pinjem dongk!!! tp aku bawa ke jakarta
    (kedip-kedip mode : on)

    BalasHapus
  2. nanti lensa ini aku bawa ke jakarta buat moto mas bham nikah :). udah ga usah mikirin fotografi dulu...beli cincin sono...kekekekekkk

    BalasHapus
  3. wah.. penyakitku ternyata sama ya sama kamu.. emang gila nehh kamera DSLR..hehehe
    btw, salam kenal

    BalasHapus
  4. alo noir (noir bahasa prancis artinya item, kamu item ya? hehehe)..salam kenal juga...iya nih dslr kayanya narkoba jenis baru deh :)

    BalasHapus
  5. kalo udah bosan ma 70-200.. blh deh di oper :)

    salam,
    d'

    BalasHapus
  6. boleh tanya gk..kamu uda merid ya...
    seneng bs baca koment kamu..
    di bali jarang bs ketemu cew berkerudung..tp di sini bs liat..
    seneng bs kenal kamu..

    BalasHapus
  7. Wow .. acik acik ..
    aku masih pemula nech .. salam kenal ya .. salam manis dari kuyus always !!

    Aku pecinta fotography, tapi masih pemula nek. Sekarang masih pegang camdig canon ixus. Lumayan buat latihan angle2 dulu. Tapi sofar .. family udah mendukung dilihat dari hasil-hasilnya. Makanya sekarang mau nabung and belajar banyak.

    Pengen sech ngobrol2 .. contact di kuyus_withpictures@yahoo.com << ok

    Congrats ya Mas !!
    Aku menghayal aja dulu .. hi hi

    BalasHapus
  8. Congrat's ya....
    btw kasih link portofolio yang di FN dong :-)

    BalasHapus
  9. whew!

    terimakasih sharingnya...
    emng bnr euy, abis beli kamera, pgn beli lagi lensa ini, lensa itu, berikut aksesoris laen2nya...
    aaarrrggghh tidaaaakkk...

    *sementara ini ngerawat kamera pake 'dry box' boong2an..tp lumayan laaahh...hehehe

    BalasHapus
  10. Hiks.... sedih dengar kalo Fotografi hobi yang mahal... hiks....
    yang bener yang nentuin kulaitas gambarnya tuh orangnya apa kameranya ya?
    Klo mo nurut, ya pasti habis duit, jual mobil, jual rumah, jual tanah buat beli lens, asal jangan jual diri! hehehe...
    tp temen di Bali Barat, moto Jalak Bali pake camdig biasa cuma ditambah monocular hasilnya... WUIH.....
    Nah skrg, the first.. U r Skill or U r Tools???
    Ayo kasih semangat dunkz!!!
    Ayo yang mau tourney ke Brumbung (TNBB) bisa gabung, kita asah kemampuan fotografi kita...
    hehehe....

    BalasHapus
  11. wahhhhhhh....aku nemu blog ini pake googling..hehehe..
    bagus blognya bermanfaat..

    salam kenal ya kak ikeow! AR ITB ya?
    saya juga sedang menimba ilmu disitu..dulu ikut JEPRET kah?

    oya kalo boleh saya mau nanya2 soal fotografi, lagi belajar dan berniat beli DSLR, yang bagus dan terjangkau apa ya kira2?

    terimakasih..

    BalasHapus
  12. emang bali tu keren g da matinya!!pnts lah jd surga bwat yg hoby jepret2.btw aku br mo mulai nyobain nyandu DSLR ni.kira2 yg ok buat pemula merk apa y+budget g tll tinggi,tengkyu

    BalasHapus
  13. hai bang. aku siswi kuliahan.. mau beli dslr buat kul niee.. arahkan duonks bwat pmula bagus nya beli kam apa?bls ia
    (cymickolla@yahoo.com)
    thanks

    BalasHapus
  14. dasar...
    DSLR kalo dimasukin kriteria perampokan bank kayaknya masuk tuh...
    SAMA om...

    BalasHapus
  15. hehe
    saya sih pengen bgt
    gpp dah rekening kerampokan
    hehe

    jalan teruzzz

    BalasHapus
  16. lagi googling mau beli dslr nemu blog ini, mas punya rekomendasi ga buat pemula yang baru mau beli dslr...? mesti beli type apa? merk apa? soal resiko, saya siap terima!! tolong sarannya ya mas buat pemula. terimakasih

    BalasHapus
  17. harga kamera dimana lebih murah malaysia atau indonesia???

    BalasHapus
  18. mau tanya dikit, mas, sebagai umat awam seperti saya ini, akhir-akhir ini sering terdengar istilah DSLR, kira-kira kamera DSLR dengan kamera digital biasa perbedaan utamanya apa ya? udah coba google sana-sini tapi penjelasannya agak kurang dimengerti, katanya DSLR bisa foto tuh benda seperti yang diliat oleh mata, tapi kamera biasa kan bisa juga toh, mohon penerangannya! Ada yang bisa bantu?

    BalasHapus
  19. yah, kebetulan saya baru aja berencana mau beli dslr. tp mungkin yg engga terlalu mahal..
    jd bingung nih, emang sih ke depannyua pasti nuras kantong banget..
    jd gimana dong?

    BalasHapus
  20. Hi Bro..
    aku pengen beli DSLR.
    untuk pemula bagusan apa ya ? dan untuk lensanya gimana ya ?
    kira2 budgetnya berapa ?
    thanks ya..
    here is my email (aiai@tcl-logistics.com)

    BalasHapus
  21. udah lama pengen beli dslr....scara gw adalah mummy narsis kekeke, seneng foto anak2 gw...
    pastinya kalo foto pake camera dslr lebih mangstab yaaa

    doain aja semoga cepet terwujud...
    btw nice posting!TFS

    BalasHapus
  22. hmmm....tyt ga cm ak juga yg py pikiran gitu...
    cm, krn sering pikiran jadi ga beli beli...beda sm km yg pikir2 tp beli, haha...
    mikirnya gini; ga enak klo lensanya ga yg "gitu" , klo mo beli yg "ini" nanti kurang...( hehe,melankolis perfeksionis ) dan irit, hehe..
    betul betul..mahal...

    jd gmn enaknya...?
    body only enaknya apa?
    lensa apa harganya berapa?

    BalasHapus
  23. weeee..enaknya beli apa yabuat pemula?

    BalasHapus
  24. hidup arsitek dgn seni fotografinya

    BalasHapus
  25. mas gua mau beli eos 450 d..bagusnya bodynya aja ato lgsg dgn lensanya. gua pemula bgt neeh

    BalasHapus
  26. waaahhhh ak peNgeeennn.......
    tp bLm kesampian sampe sekarng ....
    siAl bGt....

    BalasHapus
  27. muantebz bgt cuy,,,
    haaddeehh......, kpn keturutan bli itu y., (*mulai terprovokasi) hehe

    BalasHapus