Senin, 27 April 2009

Rencana Arisan H-14, Tes Menu: Asinan Sayur

Biarpun sampai sekarang masih bingung cari wadah yang green dan praktis, tapi tetep asinan sayur bakal jadi nominator resmi ( ...dan tunggal hihihi) menu utama arisan tanggal 10 bulan depan. Karenaaaaa...:

- Murrraaah...Isinya cuma sayur + buah-buahan. Beli bahannya 30 rb dapet seabrek-abrek!
- Sehat dong...Kan nanti tema arisannya 'green and healthy arisan'...*halah sibuknyaaa*
- Enak...Kalo ga percaya tanya aja sama sukarelawan tes menu hari minggu kemarin...:P
- Gampang bikinnya...Kalo aku bisa bikin berarti udah teruji kegampangannya...Dan ga cuma gampang, tapi dengan peralatan masak yang seadanya di rumah pun kayanya masih sanggup tuh bikin asinan sayur buat banyak orang pas arisan nanti....Sip siiipppp...Asinan sayur it is!

Nah, ceritanya hari Minggu kemarin ada 'gladi resik' arisan di rumah. Ceritanya sih tes menu. Ngecek apakah resep asinan sayur andalan ini cukup ga malu-maluin dan ga berbahaya buat dihidangin ke orang lain selain M'pri ....hahahaha. Anggota tes menunya adalah ( not in order of anything) Ina, Naomi dan Okta. Terimakasih ibu-ibu udah bersedia jadi sukarelawan tes menu. Masih pada sehat kan hari ini? :))

Setelah pada mencicipi asinan sayur kemarin, kayanya kalau dari segi rasa sih pada cukup puas (... kata Ina agak kurang cuka), makanya pada minta bagi-bagi resepnya di blog ini. Waduuuh...gimana ya...Sebenernya sih resepnya ga rahasia-rahasia amat, tapi berarti aku musti ngubah peraturan kalau di blog ini ga bakal posting resep apapun. Hmmmm dilema dilema....

Tapiiiii karena dipaksaaaa...Yo wis lah...Ini mungkin pertama dan terakhir ada artikel resep di blog ini, so enjoy.... :)

Asinan Sayur Nyam Nyam ( resep dari Tante Noer Chaeruddin, yang maksa aku buat terbang ke Balikpapan buat belajar masak....Akhirnya dapet resep asinan ini deh :D)

Bahan:
-air + gula direbus sampai gula larut. Ini dia rahasianya tanteku, perbandingan air+gulanya harus 2:1 ga ditambah+ga dikurangin.
- cuka ( secukupnya)
- garam ( secukupnya...hahaha padahal sendirinya paling sebel kalau baca resep trus takarannya 'secukupnya')

Blender untuk bumbu :
- Bawang putih ( secukupnya; mine was 2 cloves)
- Cabe merah ( secukupnya; mine was 6 chillies)
- Wortel ( satu biji aja, cuma buat ngebikin kuahnya jadi orens)
- Ebi ( secukupnya, rendam bentar trus ulek; mine was 1 tbs)
- Terasi ( secukupnya, ini sih aku tambahin sendiri karena aku suka terasi, di resep aslinya ga ada; mine was 1 tsp)

Kalau butuh air buat bikin blendernya mau muter, ambil air gula yang udah direbus sebelumnya supaya perbandingan air+gulanya ga berubah)

Parut+ iris dan simpan di wadah besar ( sebenernya isi sayur/buahnya terserah kita, tapi isi asinan yang kemarin adalah):

- Wortel ( parut)
- Bengkoang ( parut)
- Kol ( iris)
- Mangga muda ( parut)
- Jambu rujak ( iris)
- Toge ( bersihin, kalo males *like i did :P* langsung campurin aja hihihi)
- Kacang tanah goreng

Cara membuat:
- Bumbu yang sudah diblender dimasukkan ke dalam air gula, didihkan lagi. Setelah mendidih, tambahkan cuka+garam sesuai selera ( cicipin, kurang asem tambah cuka, kurang asin tambah garam...terus begitu sampai jadi enak)

- Matikan kompor, dinginkan sebentar. Setelah ga terlalu panas baru siram ke campuran sayur+buah.

- Biarkan semalaman di dalam kulkas supaya bumbu meresap dan segerrrrr....

- Jangan lupa dimakan pakai kerupuk mie yak!

Tips: Buat bumbunya dulu baru kupas, iris-iris + parut sayuran/buahnya. Jadi begitu sayurannya siap bumbunya udah ga terlalu panas dan siap disiram deeeh.....Lagian, kalau bikin bumbunya dulu, kita bisa ngira-ngira takaran buah+sayurannya jadi ga kelebihan atau kekurangan :).

Gitu deh resepnya. Maap ya karena resepnya ga sistematis seperti resep-resep lain tapi yang penting udah diupload kan...Hayoooh, nanti makan asinan di rumah siapa lagi nih? :D

3 komentar:

  1. resepnya saya simpan dulu ya bu! ga punya dapur nih. tunda dulu acara nyoba bikin sendirinya. tapi klo ada lagi, saya ga akan tunda-tunda untuk bantuin ngicip loooohhh....

    BalasHapus
  2. waaks!!rahasianya di wortel ternyata!hahaha.. arigatougozaimasu Atika chan! berikutnya siapa yg mo jadi korban percobaan ku?? huhehehe.. (^0^)

    BalasHapus
  3. hahahahh...pokonya nanti kalo pas arisan ada sisa kalian bagian penghabisan yak!

    BalasHapus