Minggu, 14 September 2008

Little Sensei





+ Di rumah kebagian tugas apa?

- Kalau aku sih masak bareng Lia sama Kak Ningsih...

+ Masak? Emang bisa masak? Enak ga masakannya? *ga rido dikalahin sama anak kelas enam SD hahaha*

- Enak doooong....

- Iya enak kok, Kak....*teman-teman di belakangnya ikut ngebelain*

+ Sore ini masak apa menunya?

- Hmmmm....apa yah? Tahu kecap kali....

- Uuuuuuuugh kalau tahu kecap sih ga enaaak...*kata temannya lagi*

- Jangan gitu! Kita harus bersyukur masih ada sesuatu buat dimakan..*kata temannya yang lain*

Kalimat yang terakhir lumayan bikin aku tersindir dan terharu.

Obrolan di atas adalah obrolan bareng teman-teman Panti Asuhan Permata Hati ( kalau lagi ngobrol sama mereka aku ga pernah pakai kata 'panti', tapi 'rumah') waktu pulang bareng dari kelas bahasa Jepang yang diadakan atas bantuan dari Chautari Foundation Japan. Mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia; Bali, Jawa, Sulawesi, sampai Timor. Di daerah asalnya masing-masing mungkin memang makanan dan air susah didapat, jadi kalimat untuk kalimat terakhir di atas.....well, they really mean it.

Kalau aku kenal mereka dari kecil dulu, mungkin ga pernah ada cerita susah makan ya :).

Beberapa bulan terakhir ini memang aku meluangkan waktu untuk ikut kelas bahasa Jepang bareng teman-teman kecil ini. Blame it on this girl :). Biarpun judul resminya adalah kelas bahasa Jepang, tapi ternyata bukan cuma pelajaran bahasa Jepang yang aku dapat dari kelas ini.

Salah satu anak yang paling rajin ikut kelas ini namanya Suar. Anak laki-laki bali ini berambut merah jagung, mungkin karena sering panas-panasan bermain layangan. Dulu waku aku masih kelas 6 SD, ada anak jalanan yang suka nongkrong di gerbang sekolah. Penampilannya mirip dengan Suar, and we all hate him. Ga tau kenapa aku dan teman-temanku ga suka banget sama dia. Mungkin karena bajunya lusuh, atau karena kulitnya kotor, atau mungkin karena dia suka senyum-senyum sama kita. Padahal kan ga ada aturan yang melarang orang untuk senyum ya? Senyum kan ibadah yang paling mudah.

Aaaaah pokoknya ga suka! Kenapa sih anak ini selalu ada di gerbang sekolah? Bikin jelek pemandangan sekitar aja!

Di kelas bahasa Jepang, ga aku sangka ternyata Suar termasuk anak yang paling pintar. Biarpun konsentrasinya kadang suka terganggu, tapi dia cepat menangkap pelajaran. Kalau sensei menanyakan pertanyaan, Suar ga pernah ragu-ragu untuk mengangkat tangan dan jawabannya hampir selalu benar. Dia juga sopan, selalu mengucapkan 'terimakasih' setiap aku membantu menjelaskan pelajaran yang kurang dimengerti.

Anak jalanan di SD-ku dulu, terakhir aku melihatnya adalah waktu aku SMA, dan dia masih menjadi anak jalanan. Aku ga pernah kenal dia, tapi siapa tahu kalau ternyata dia mungkin juga pintar dan sopan? Ga ada yang pernah tahu.

Aku bersyukur teman-teman kecilku ini mendapat kesempatan yang lebih baik daripada anak jalanan itu. Semoga masa depan mereka pun akan jauh lebih baik. Aku juga bersyukur karena aku diberi kesempatan untuk mengenal mereka, dan mendapat banyak ilmu dari mereka. Ilmu tentang kemampuan bersyukur, semangat belajar,....and the true meaning of 'never judge a book by its cover'.

....dan untuk semua ilmu itu aku ucapin : "Arigatoo gozaimasu, Sensei!":)

3 komentar:

  1. alhamdulillah.. seneng kamu bisa ngerasain yg aku rasain jg.. hehehe.. semenjak kenal sama anak2 itu, aku jg skrg ga pernah lagi buang makanan. misalnya kalo ke resto, pasti mesen nasi putihnya 1/2 aja spy ga nyisain. :-)

    btw, buat yg ga ngerti bhs jepang, sensei itu artinya guru.
    :-D

    BalasHapus
  2. btw, link kamu yg ke aku di dalam posting ini, bukan ke page aku lho.. hahaha..
    *atauu, jgn2 aku nya yg kege-eran ya??* hehehe..
    (^0^)

    BalasHapus
  3. ge-er ih! hihihi
    ga deng...udah aku perbaikin tuh jeng, link-nya :)

    BalasHapus