Minggu, 13 Mei 2007

Filosofi Kompor


Akhirnya gas elpiji di dapurku habis juga! Waktu itu gas ini dibeli sekitar bulan November, jadi tahan sekitar…..wow 6 bulan!!

Jangan asal nuduh deh….aku pake buat masak kok! Suer! Tanya aja Akang Mpri. Kemarin-kemarin emang agak-agak curiga karena si api biru tak kunjung padam. Padahal waktu Mamah berkunjung selama 10 hari Maret yang lalu, Mamah produktif banget meningkatkan gizi kita hehehe. Kalaupun ga ada Mamah, si kompor Rinnai Tornado Flame ini juga aku pakai tiap hari kok, untuk durasi yang lumayan lama malah. Ungkep ayam, bikin masakan berkuah, masak air panas untuk mandi…lumayan lama kan? Kok ga habis-habis? Jangan-jangan ini gas api abadi…hmmmmm.

Aku + Akang M’pri memang baru beli kompor gas ‘beneran’ dengan tabung elpiji ukuran 15 kg ini November tahun 2006 lalu. Sebelumnya, kami pakai kompor piknik plus tabungnya yang itu tuh…yang mirip baygon :). Memang sebelumnya kan kami tinggal di kos-an, di space yang terbatas begitu ga ada tempat untuk nyimpen kompor ‘beneran’ dan tabungnya yang segede bagong.

Kompor piknik ini memang banyak kekurangannya. Gasnya boros banget, mungkin satu tabung gas cuma cukup untuk seminggu. Itu juga untuk masak masakkan ‘fast food’ seperti tumis-tumisan. Untuk ungkep-ungkepan? Tiga hari juga habis kali. Selain itu juga tempat masaknya cuma ada satu. Ngabisin waktu banyak banget deh. Pikiran kami, begitu dapet kontrakan, baru deh ganti kompor ‘beneran’.

Tapi begitu pindah ke kontrakan yang ada dapurnya pun urusan beli kompor ‘beneran’ bukan jadi prioritas yang utama. Kenapa? Kenapa ya? Yah namanya juga anak muda…Huehehe apaan sih…

Pertama pertimbanganku + akang sih karena aku ga masak terlalu banyak *yah ketawan deh :D*. Kedua, sayang karena si kompor piknik nanti jadi ga kepake. Ketiga, tabung gasnya itu lo…mahal benner. Setelah survey sana sini harga tabung gas termurah di bali adalah 270 ribu rupiah. Sebetulnya kebeli sih, tapi kenapa ya rasanya beraaaat banget…

Sampai akhirnya satu hari aku membulatkan tekad *taela* untuk beli kompor gas! Setelah beli kompornya, baru deh berpusing-pusing ria cari tabung gas yang termurah. Alhamdulillah, Aki Muran, tetangga kami yang baik hati dengan senang hati membantu mencari. Dan ketemulah penjual yang menjual tabung gasnya seharga 250 ribu rupiah saja *beda 20 rebu lumayan tau*! Uhuuuy!!! Terimakasih Aki!!

Ternyata, total pengeluaran yang kurang lebih setengah juta itu ga ada apa-apanya dibanding fungsinya. Gasnya udah terbukti sangat awet. Aku juga jadi bisa multitasking masak dan ga usah deg-degan setiap masak karena khawatir gasnya habis. Menu masakan juga jadi bervariasi, karena sekarang ga masalah untuk masak masakan yang butuh waktu agak lama, kaya ungkep ayam, soto, atau besengek *sumpah aku bisa masak itu semua! Kan ada Mamah dan Enji :D*. Pokoknya….puasss pake kompor baru kekekekkkkk…

Gara-gara kompor ini, aku jadi dapet pencerahan lo...

Pertama, berbaik-baiklah dengan tetangga, kali aja sang tetangga bisa bantu cari tabung dengan harga miring ;P.

Kedua, kadang-kadang hambatan kecil bikin kita males atau takut untuk ngambil langkah besar atau perubahan yang padahal manfaatnya jauh melebihi ekspektasi kita sebelumnya.


Hmmm…lumayan dalem kan? ;)






3 komentar:

  1. hehe ...saya sampai sekarang masih setia tuh sama kompor piknik, pake gas kaleng, 3 hari dah habis, huhu ... ngomong2 beli gas tabung dimana? kok bisa dapat 250rb?

    dee
    (dee-bali.com)

    BalasHapus
  2. 6 BULAN, keow... ???!!!! di rumah kynya bisa tahan sebulan aja udah untung. padahal jarang masak ungkeb2an juga, dan di rumah cuman berempat. nah loh.. ga mungkin kan kl bocor. hehehe..

    BalasHapus
  3. dee: waduh, dimana ya? itu juga dicariin sama tetangga, kita tinggal tau beres :)

    gas kaleng tuh amit2 deh borosnya..mendingan kamu ganti deh hehehe...

    btw, makasih ya dah berkunjung...

    kiki: iyaaaa 6 bulaan..kita aja sampe bingung...mungkin pengaruh kompor juga kali ya? kompor kita kan apinya api tornado...kekekekk promosi...

    BalasHapus