Rabu, 07 Oktober 2009

Who Let The Dog Out?

Tadi malam di kompleks kita kedengeran suara anak anjing berkaing-kaing. Anak anjing yang mana ya? Karena hari-hari sebelumnya ga pernah ada suara puppie yang menangis-nangis seperti itu. Pastinya bukan anjing yang dipelihara oleh penghuni kompleks kita. Ini pasti anak anjing liar.

Pagi harinya baru dugaanku terbukti. Ada anak anjing berkeliaran di depan rumahku. Bentuknya jauh dari lucu, umurnya paling baru 2 bulan atau kurang, warna bulunya ga jelas karena skabies yang parah, badannya kurus dan jalannya tertatih-tatih. Nelangsa banget deh! Lebih nelangsa lagi karena ga beberapa lama kemudian ada mobil yang ga sengaja melindas kaki belakangnya. Ya ampuuuuuun.....malangnya anak anjing ini! Sepanjang pagi dia cuma berkaing-kaing sambil berkeliaran dengan kaki belakangnya yang luka. Duduk di satu sudut, lalu pindah ke sudut lain karena diusir oleh si empunya pekarangan. Ga tega deh ngeliatnya.

Terus aku ingat, beberapa bulan yang lalu di kompleks kita ini banyaaaak sekali anjing liar berkeliaran. Bentuknya udah ga jelas. Ada yang kakinya tiga, bahkan ada yang kakinya cuma dua! Ada yang setiap bulan kerjaannya beranak melulu dan makin memperbanyak populasi anjing liar di kompleks ini. Uuuuugh....Anjing-anjing itu ga ada yang merawat, jadi kondisinya memprihatinkan. Sangat ga enak dilihat. Belum lagi suara gonggongannya yang berisik setiap malam ditambah pula dengan issue rabies yang melanda Bali. Help us God!

Lalu tiba-tiba suatu hari ada mobil BAWA datang dan membawa seluruh anjing-anjing itu. Dan sejak itu kompleks kita terbebas dari anjing liar. FYI, BAWA - Bali Animal Welfare Association - adalah LSM yang bergerak di perlindungan dan perawatan anjing dan kucing liar. Kantor pusatnya berlokasi di Ubud. Salah satu program mereka adalah merawat anak anjing liar supaya ada keluarga yang mau mengadopsi mereka. BAWA juga menyediakan layanan ambulance gratis untuk anjing dan kucing. Kalau suatu hari kamu main ke Ubud sekitar jam 10 pagi, kamu pasti bakal nemuin para staff BAWA sedang mengajak anjing-anjing yang dipelihara di sana olahraga pagi. Hmmm...yang olahraga siapa ya? Anjingnya atau orangnya: :P

Awalnya aku agak skeptis dengan LSM ini. Ngapain sih ngurusin anjing? Orang juga masih banyak yang butuh bantuan....Tapi ternyata pendapatku itu sangat salah, karena di alam semesta ini semuanya saling berhubungan. Apakah itu manusia, hewan, binatang, bebatuan dan lainnya. Minimal manfaat yang aku rasakan sejak BAWA datang dan membawa anjing-anjing liar di kompleks ini adalah aku bisa tidur lebih nyenyak. Ga ada lagi cerita tidur keganggu karena gonggongan anjing. Aku juga ga ngerasa was was soal issue rabies, dan suasana di sekitar rumah juga menjadi lebih enak dilihat. Terimakasih BAWA untuk kerelaannya memperhatikan masalah yang luput dari perhatian banyak orang.

Anyway, balik lagi ke anak anjing yang kakinya luka tadi. Akhirnya aku menelepon BAWA dan minta supaya mereka datang. Aku sih mewanti-wanti supaya mereka datang ga lebih dari jam 10 pagi karena aku akan keluar rumah sampai sore, tapi mereka ga dateng-dateng. Sempat agak su'udzon sih...Jangan-jangan ga serius nih ambulance gratisnya, karena sampai saat aku pulang pun si puppie masih tergeletak tak berdaya. Tapi ga lama setelah aku di rumah teleponku berdering dan para petugas BAWA mengatakan kalau mereka sudah hampir sampai. Alhamdulillah....

Sayangnya, sepertinya udah terlambat untuk menyelamatkan si puppie. Kakinya sudah patah sampai pangkal paha dan darah yang keluar sudah terlalu banyak. Dan akhirnya si puppie disuntik mati untuk mengakhiri deritanya :(.

Salah satu petugas BAWA bercerita kalau sepanjang hari ini sudah beberapa kali mereka terpaksa menyuntik mati anjing liar yang kondisinya terlalu parah untuk diobati. Ada juga anjing yang menderita gejala rabies sehingga anjing itu menjadi prioritas utama program hari ini supaya si anjing tidak sempat melukai manusia. Sibuk ya BAWA....Yah mau gimana lagi? Tangan BAWA kan cuma dua...Dan untuk kerja keras dan keseriusan mereka itu, aku angkat topi untuk BAWA. Semua itu yang ujung-ujungnya pun untuk kebaikan manusia juga kan.... I salute you.

BAWA CLINIC 0361- 981490

Tidak ada komentar:

Posting Komentar